Tutorial Cara  Apply Anti Virus Terbaik Paling Simpel

Tutorial Cara Apply Anti Virus Terbaik Paling Simpel

27 views

Anti virus terbaik penting banget buat Kamu yang sehari-harinya sedang bekerja atau berkegiatan di perangkat baik mobile maupun PC. Bayangin aja betapa ribetnya nge-recovery data yang tiba-tiba hilang karena virus.

Cara Scan Anti Virus di PC

Cara Scan Anti Virus di PC

Kamu pasti sudah merasakan betapa pentingnya komputer bagi banyak kalangan di era millenial ini. Oleh sebab itu, keamanan data pada perangkat harus dilindungi agar tetap aman dan terjaga dengan menggunakan anti virus terbaik. Nah, berikut tutorial berdasarkan aplikasinya:

1. Cara Membersihkan Virus Menggunakan Avast

Cara Membersihkan Virus Menggunakan Avast

Mungkin udah banyak di antara Kamu yang kenal dengan anti virus legend ini. Meskipun pengoperasiannya simpel, namun Avast bisa banget bikin PC dan laptop semakin bersih dari gangguan. Sehingga bakalan nyaman dipakai buat nugas ataupun pekerjaan lainnya. Caranya:

1. Cara apply anti virus yang pertama yaitu dipastikan dulu Guys, apa program aplikasi tadi sudah terdownload dengan benar di perangkat Kamu. Kalau belum terunduh, bisa mendapatkannya di Windows Store.

Langkah selanjutnya yakni masuk ke dalam program dengan cara register. Nah, pendaftaran ini lumayan ribet Guys, jadi Kamu bisa lihat prosedurnya di bawah ini:

  • Siapkan akun email yang bisa dipakai, baik itu gmail.com ataupun yahoo.com.
  • Setelah itu tekan kolom warna biru yang tulisannya “register avast” di bawah bagian tengah.
  • Nah, kalo udah diklik, sekarang tinggal ngisi biodata Kamu Guys, gampang banget, tinggal isi identitas yang sesuai. Kemudian klik okay di bagian bawah layar.
  • Selesai registrasi, Kamu bakalan dibawa ke halaman baru yang isinya pemberitahuan bahwa jaminan akan di kirim di email yang telah dituliskan tadi. Fase ini memakan waktu lumayan lama, jadi mohon bersabar ya.
  • Setelah dapet pesan baru di email, Kamu bisa ikuti link tertera biar bisa masuk ke program keamanan
  • Nah, kalau sudah seperti itu, berarti pendaftaran sudah selesai.

3. Selesai melakukan registrasi, Kamu bisa mencoba fitur unggulan Avast, yaitu Boot Time Scanning.

4. Tekan program scanning kemudian pilih boot time scan.

Membersihkan Virus Menggunakan Avast

5. Kamu harus mengatur bot time scanning sesuai dengan kebutuhan, caranya klik tombol setting di bagian kotak biru bawah, lalu pilih pengaturan sesuai pada perangkat yang digunakan.

6. Setelah itu Kamu bisa klik tombol “OK” dan jangan lupa kolom start di halaman awal tadi juga ditekan.

7. Nah, setelah klik tombol start maka program anti-virus sudah mulai  berjalan mematikan virus di perangkat Kamu. Selamat mencoba.

2. Cara Scan Virus Menggunakan Aplikasi Smadav

Udah tau kan Guys? Smadav merupakan program anti-virus paling banyak digunakan di seluruh Indonesia. Dengan begitu, terbukti software ini bisa bikin virus di perangkat Kamu terhempaskan. Nah, di bawah ini tutorialnya:

1. Cara menggunakan aplikasi anti virus smadav yang pertama yaitu pastikah bahwa program tersebut sudah berjalan di perangkat Kamu, jadi perlu registrasi dulu biar bisa scan di PC. Caranya gini Guys:

  • Download Smadav di Windows store dulu atau pergi ke gerai terdekat biar pembayaran pengunduhan bisa lebih mudah.
  • Setelah itu, Kamu harus masuk ke halaman pendaftaran dulu Guys. Caranya buka tulisan setting di sebelah kanan nomor dua dari bawah.
  • Kemudian, baru bisa ngisi identitas berupa, nama lengkap dan juga kunci (yang didapat dengan cara melakukan pembelian terlebih daulu) tanpa tanda petik.
  • Lalu langkah selanjutnya yaitu, klik tombol register warna abu-abu di pojok kanan bawah kolom.
  • Setelah melakukan register, akan ada pop up pemberitahuan dari pihak Smadav bahwa proses registrasi Kamu berhasil berjalan dengan baik.

2. Nah, kalo udah diaktifkan programnya, sekarang saatnya coba fitur scanningnya Guys. Caranya langsung saja ambil sampel salah satu data di perangkat Kamu, bisa dari local disk (C:) ataupun dari flasdisk dan internal.

3. Klik kanan pada shortcut atau icon yang dibutuhkan.

4. Setelah di klik kanan, maka akan muncul beberapa opsi, pilih scan with smadav di jajaran barisan bawah.

5. Jika sudah maka akan muncul pop up hijau kecil di layar bagian kanan bawah, itu bertanda bahwa scanning dapat berjalan baik.

6. Setelah scanning akan ada laporan dari pihak smadav terkait dengan deteksi virus.

7. Jika ditemukan virus pada PC Kamu, maka akan ada pop up abu-abu bertuliskan “komputer Anda sedang dalam keadaaan TIDAK AMAN” dan juga analisis jenis virus yang terdeteksi. Langkah yang harus Kamu ambil cukup kliktombol “OK” di sebelah kanan bawah.

8. Kalau sudah diklik OK pasti akan dibawa di halaman laporan. Nah, tekan kata “bersihkan” yang berwarna hijau terlebih dahulu, tunggu sebentar, kemudian Kamu bisa menekan tombol ungu tua bertuliskan hasil (ini digunakan untuk melihat kinerja smadav terhadap virus di perangkat).

9. Kalu sudah begitu, artinya proses scanning sudah selesai Guys, Kamu bisa tekan tombol close warna merah untuk kembali ke aktivitas lain.

Cara Menghapus Virus Menggunakan Avira

Avira

Mungkin Kamu belum kenal sama Avira, karena program anti virus terbaik ini nggak terlalu populer jika dibandingkan dengan Avast dan Smadav. Tapi jangan salah Guys, meskipun underrated tapi bisa bikin laptop ataupun PC aman bebas virus. Nah, begini caranya:

1. Seperti prosedur pada umumnya, langkah pertama yaitu Avira harus terpasang di PC kamu. (Caranya bisa unduh di Windows Store dulu).

2. Setelah diunduh baru dipasangkan pada perangkat Kamu Guys. Caranya gini nih, tekan dua kali pada file Avira unduhanmu, kemudian klik continue agar kamu bisa lanjut ke proses selanjutnya.

3. Kalau sudah, prosedur lanjutannya yaitu bikin pengaturan dan konfigurasi. Pada fase ini Kamu Cuma perlu klik tombol “next” sampai dibawa ke halaman baru berisi form registrasi.

4. Di form registrasi Kamu harus ngasih data identitas sejelas-jelasnya, karena ini penting banget buat keamanan pihak Avira. Cara ngisi datanya gini:

  • Pilih ketentuan titel sesuai dengan kebutuhan Kamu.
  • Isikan nama depan dan belakang Kamu secara jelas, yang ini nggak boleh dikosongin Guys.
  • Terus jangan lupa emailnya, ini bakalan berfungsi untuk konfirmasi program dan juga pemberitahuan promo-promo terbaru nantinya.
  • Nah, setelah itu email yang kemu ketikkan tadi ditulis ulang di repeat e-mail.
  • Kemudian isikan alamat kamu secara jelas, mulai dari nama jalan, desa, kecamatan, kabupaten serta jangan lupa kode posnya.
  • Setelah itu klik next dan sistem Avira akan memproses data tersebut.

5. Kalau sudah selesai diproses, maka akan muncul halaman pemberitahan berisikan laporan kelengkapan, silakan kamu klik tombol finish di bagian kiri bawah.

6. Klik dua kali pada short cut Avira untuk menghapus virus dalam PC Kamu.

7. Kemudian akan ada pop up di tengah layar, klik open untuk menjalankan programnya.

8. Nah, pada tahap ini pasti akan ditampilkan laporan sebarapa banyak virus jahat yang menginfeksi perangkatmu.

9. Kamu harus menghapus secara berkala jika komputer atau laptop sedang tidak terhubung jaringan internet. Langkahnya yaitu:

  • Klik system scanner di bagian sebelah kiri submenu.
  • Kemudian klik manual selection pada kolom system scanner.
  • Lalu berikan tanda list pada beberapa data di perangkat yang ingin discan.

10. Nah, pada tahap ini kamu hanya perlu menunggu dan mengawasi proses deteksi dari program aplikasi anti-virus Avira.

11. Jangan lupa untuk menutup halaman dengan cara klik close pada bagian atas.

Cara Scan Anti Virus di Ponsel

Anti Virus di Ponsel

Kamu pasti ngerasain dong betapa pentingnya handphone bagi banyak kalangan di era millenial ini. Oleh sebab itu, maka keamanan data ponsel harus dilindungi biar tetap aman dan terjaga dalam jangka waktu lama. Nah, berikut tutorial berdasarkan aplikasinya:

1. Avast Mobile Security & Anti Virus

Avast Mobile Security & Anti Virus

Selain populer dalam ranah komputer, program anti virus Avast juga sudah melebarkan sayapnya di bidang mobile phone Guys. Aplikasi ini penting banget buat ngelindungin bahaya virus di ponsel Kamu. Gini cara penggunaannya:

1. Pertama kalinya kamu harus punya dulu aplikasinya Guys. Jangan khawatir ini bisa didownload di AppStore ataupun di PlayStore kok, gratis juga.

2. Cukup diklik instal jika Kamu belum mendownload, kemudian aplikasi avast mobile security anti virus akan secara otomatis terpasang pada handphone.

3. Jika sudah, coba kamu buka aplikasi tersebut. Ada pembukaan pertama biasanya bakalan muncul halaman yang isinya pengisian identitas diri dan juga persetujuan dari pihak aplikasi avast mobile security anti virus.

4. Tinggal isikan data diri Kamu yang sesuai, kemudian berikan tanda cek list pada kolom persetujuan.

5. Setelah menyatakan setuju ini biasa akan muncul penawaran program premium yang berbayar, Kamu bisa skip langkah ini jika ingin tetap di mode gratisnya.

6. Nah, kemudian otomatis aplikasi avast mobile security anti virus sudah bisa untuk digunakan.

7. Cara menggunakannnya cukup mudah, cukup klik pindai warna biru di kotak tengah bagian bawah. Pemindaian akan berlangsung cukup lama Guys, tergantung seberapa besar memori Kamu.

8. Lalu aktifkan proteksi melalui web juga ponsel, jika Kamu menginginkan pemberitahuan yang sifatnya berkelanjutan. Kalau tidak, cukup klik pada tulisan “abaikan”.

9. Kamu juga bisa lakukan pembersihan residu virus pada fitur “bersihkan sampah” biar ponsel kamu lebih enteng kinerjanya.

Bit Defender Mobile Security & Anti Virus

Bit Defender Mobile Security & Anti Virus

Aplikasi ini kurang begitu ngehits di Indonesia tapi sebenarnya Dia udah sering banget di-review sama device enthusiast manca negara dan tanggapan mereka lumayan baik. Nah, cara buat nge-apply Bit Defender Mobile Security & Anti Virus gini Guys:

1. Untuk menjaga ponsel agar tetap bersih dari virus, jadi silakan unduh aplikasi bitdefender dulu di Google Play atau App S Selain itu, jaringan internet juga harus dipastikan aman, karena program ini berbasis online progress.

2. Tapi kalau sudah punya aplikasinya, Kamu hanya perlu melakukan registrasi dan juga aktivasi saja. Caranya gampang banget Guys, pertama tinggal berikan cek list pada persyaratan persetujuannya, kemudian klik continue pada kotak biru di bawahnya.

3. Setelah itu, pihak Bit Defender Mobile Security & Anti Virus bakalan ngasih pilihan mau dibersihkan secara keseluruhan (tetapi memakan waktu lama) atau hanya bagian tertentu saja.

4. Biasanya pada fase ini bakalan dikasih penawaran upgrade berbayar, cukup skip saja kalau Kamu tidak membutuhkan.

5. Selanjutnya akan ada pop up perizinan dari pihak Bit Defender Mobile Security & Anti Virus, klik allow untuk melanjutkan.

6. Jika sudah, Kamu bisa menekan tombol “start scan” untuk mulai mendeteksi virus apa saja yang telah menyerang ponselmu. Prosesnya mungkin memakan banyak waktu, jadi harus sabar Guys.

7. Nah, setelah selesai prosesnya, Kamu akan mendapat laporan yang dikeluarkan oleh aplikasi tersebut untuk melihat jenis virus dan inangnya berada di mana, jadi nanti kedepannya bisa lebih hati-hati lagi.

CM Security Master

CM Security Master

Selain ada di bagian VPN, ternyata CM Security juga tersedia ketika Kamu butuh anti virus terbaik yang murah, gratis dan mudah penggunaannya. Teknologi ini sudah terkenal banget di Indonesia, begini tutorialnya biar nggak ketinggalan:

1. Kalau Kamu belum punya aplikasi CM Security Master, bisa unduh dulu di playstore, gratis kok, jangan khawatir.

2. Kalau sudah terpasang di perangkat tinggal berikan cek list pada pop up persetujuannya.

3. Kemudian klik allow jika kamu ingin melanjutkan programnya.

4. Setelah selesai dengan pop up persetujuan tersebut, maka Kamu sudah berhasil terdaftar secara legal untuk memakai aplikasi ini.

5. Pada halaman baru, terdapat tombol berukuran cukup besar yang berada di tengah-tengah layar. Nah, kamu bisa menekan tombol itu untuk memulai proses scanning.

6. Jika proses scanning sudah selesai, aplikasi ini bakalan ngasih tau permasalahan apa saja yang ada di perangkat tersebut.

7. Kemudian klik “atasi semua” untuk membereskan berbagai problem di posel Kamu.

8. Setelah itu, bakalan muncul laporan pembersihan virus telah selesai dilakukan. Next, bisa lanjut untuk memperbarui pengaturan atau cukup mengakhirinya begitu saja.

Clean Master Anti Virus for Mobile Phone

Clean Master Anti Virus for Mobile Phone

Siapa sih yang nggak tau Clean Master? Aplikasi anti virus ponsel paling tua ini bakalan ngasih kamu perlindungan terbaik untuk melindungi seluruh data perangkat dari gangguan berbagai macam virus. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu:

1. Tinggal buka aplikasi clean master pada ponsel Android Kamu, jika belum punya cukup download secara gratis di PlayS

2. Aplikasi anti virus ini bisa dijalankan tanpa registrasi dan aktivasi Guys. Jadi lebih mudah dan efisien untuk pengguna baru.

3. Setelah berhasil membuka aplikasi Clean Master Anti Virus for Mobile Phone, bakalan muncul banyak opsi pembersihan, klik berkas sampah terlebih dahulu untuk membersihkan virus yang ada di ponsel Kamu.

4. Tunggulah sebentar, karena aplikasi ini sedang menjalankan pembersihan dan akan selesai dalam beberapa menit saja.

5. Setelah selesai pembersihan, Kamu akan dikasih beberapa laporan terkait dengan bagaimana kondisi handphone pada saat itu. Diberikan juga rekomedasi pembenahan serta detail jenis virus berasal dari file atau unduhan apa.

6. Lalu klik opsi “antivirus” untuk membersihkan semua virus yang telah terdeteksi pada berkas sampah tadi. Nah, ini akan memakan waktu cukup lama Guys, jadi mohon bersabar.

7. Setelah virus selesai dibersihkan, Kamu boleh langsung keluar dari aplikasi atau bisa juga mengunakan fitur percepat perangkat agar kinerja ponsel semakin bagus.

Jadi di atas tadi yaitu penjelasan tentang anti virus terbaik yang bisa digunakan pada PC ataupun ponsel dengan langkah paling simpel dan nggak ribet Guys. Kamu semua bisa mencontoh tutorial lengkap tersebut biar kinerja ponsel semakin bagus.

Galeri untuk Tutorial Cara Apply Anti Virus Terbaik Paling Simpel

Gambar Gravatar
Tinggal di Jakarta. Gadis kecil yang punya hobbi olah vocal, dengerin music dan nonton film.   Selain itu, senang juga menulis tentang hal-hal teknologi dan marketing terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *