aplikasi Bingkai Foto

Cara Bikin Bingkai Foto Terbaru Anti Ribet

63 views

Anak muda sekarang siapa sih yang nggak punya foto kekinian? Pasti semua udah kan? Baik untuk dipajang di dinding, kamar ataupun sekedar pelengkap media sosial. Namun, tampilan monoton ini dapat dipercantik dengan bingkai. Sehingga, bisa bikin skill editing nambah. Nah, maka dari itu Kamu harus tau cara bikin bingkai foto terbaru biar ikutan jadi anak hits.

Cara Edit Bingkai Foto Pake Photoshop

Cara Edit Bingkai Foto Pake Photoshop Terbaru

Kamu semua pasti udah kenal dong sama platform editing paling terkenal ini? Yups, Photoshop. Aplikasi ini bakal naikin kreativitas karena bukan hanya untuk crop sama filter gambar aja, melainkan juga bisa ngedit frame file foto dengan begitu feeds media sosial jadi lebih rapi dan eye-catching.

1. Langkah pertama Kamu harus aktifkan program photoshop dulu.

2. Setelah itu, seleksi foto menggunakan rectangular marquee tool di bar sebelah kiri atau langsung klik huruf “M” pada keyboard, fitur ini dinilain yang paling mudah dan simpel.

3. Kemudian, pilih bagian foto untuk proses seleksi, caranya bebas bisa mulai dari kiri atas lalu ditarik ke kanan bawah ataupun sebaliknya.

4. Setelah melalui rangkaian proses tersebut, maka akan muncul garis-garis putih di tepian foto Kamu. Nah, itu menandakan bahwa seleksi sudah berhasil.

5. Untuk membuat bingkai fotonya, Kamu bisa klik icon kotak lingkaran yang dikenal dengan “Edit in Quick Mask Mode” di tepi kiri bawah atau bisa juga langsung tekan huruf “Q” pada keyboard, agar mode tersebut segera aktif.

6. Lalu, klik menu filter di kiri atas, klik brush strokes, kemudian pilih bingkai yang sesuai dengan selera Kamu. Perlu diperhatikan juga, bahwa spray radius serta smothenessnya tergantung pada pengaturan setiap penggunanya.

7. Setelah selesai, Kamu bisa coba klik inverse untuk mengembalikan seleksi foto dengan hasil lebih baik.

8. Klik edit lali fill, pada opsi ini Kamu disediakan berbagai macam pilihan warna serta pattern atau pola untuk disesuaikan dengan foto.

9. Nah, setelah tahap itu selesai silakan simpan fotonya. Mudah sekali kan?

Cara Edit Bingkai Foto Secara Online

Cara ini dinilai yang paling simpel, karena Kamu nggak perlu repot-repot untuk melakukan pengunduhan aplikasi, tinggal unggah foto kemudian melakukan proses editing agar memiliki efek menarik.

Edit Bingkai Foto Secara Online

1. Yang harus dilakukan pertama adalah mengunjungi situs photofuneditor.com di platform mesin pencari Kamu. Di sana terdapat puluhan bahkan ratusan template unik yang bisa dikombinasikan antara satu dengan lainnya.

Cara Edit Bingkai Foto

2. Kemudian pilih template yang Kamu inginkan, cara memilihnya sesuai dengan tema, misalnya untuk natal, kolase, idul fitri, semuanya sudah tersedia tinggal pilih saja.

3. Lalu klik pada opsi bingkai yang Kamu inginkan

4. Nah, Kamu akan dibawa pada halaman baru berisi pengaturan-pengaturan gambar.

5. Kamu juga bisa unggah file foto di icon abu-abu bertuliskan pilih file pada bagian pojok kiri bawah.

6. Setelah foto berhasil diunggah, Kamu bisa mengatur ketajaman, kecerahan, kontras serta saturasi sesuai keinginan.

7. Selain itu, Kamu juga bisa nambahin tulisan atau kata-kata motivasi di foto biar efeknya semakin ciamik.

Cara Edit Bingkai Foto Secara Online Terbaru

8. Kalau udah selesai editing, saatnya untuk nge- Ada dua opsi nih, pertama disimpan biasa, yang kedua di-save dengan kualitas lebih bagus supaya lebih mantul ketika diunggah ke medsos Kamu nanti.

9. Nah, setelah itu Kamu juga bisa membagikan langsung karya editing milikmu tadi di beberapa platform jejaring sosial seperti whatsApp, Twitter, Email juga Facebook. Caranya yaitu tinggal klik icon share di bawah bagian tengah.

Aplikasi Bingkai Foto Paling Recomended 2019 Beserta Caranya

Generasi Z pasti udah faham banget nih gimana cara bikin bingkai foto terbaru biar keliatan ciamik. Salah satunya bisa download beberapa pengaturan template gratis di PlayStore untuk menunjang proses editing frame Kamu. Berikut aplikasi paling recomended beserta langkah-langkahnya:

1. Picture in Picture Camera

Platform rilisan Gallery Studi LLC yang sudah diunduh oleh lebih dari seratus ribu download ini punya berbagai macam fitur seru buat ngedit frame. Di antara aplikasi lainnya, PIP camera memiliki rating tinggi jadi udah pasti jago bikin foto Kamu makin oke. Cara ngeditnya di bawah ini ya Guys:

  • Langkah pertama Kamu harus punya dulu aplikasi ini, kalau belum ada di handphone bisa segera unduh gratis di Google Play.
  • Setelah punya aplikasinya, silakan masuk (log in).
  • Kemudian masuk ke “edit” untuk segera memulai proses framing foto Kamu.
  • Unggah foto dulu sebelum mulai ngeditnya, tinggal klik add photo di pojok kiri bawah.
  • Pilih icon pigura atau sering disebut frame untuk segera mengedit fotomu. Fitur ini menyediakan cukup banyak opsi bingkai, so nggak bakalan kehabisan ide buat framingnya.
  • Nah abis itu, Kamu bisa save di galeri dengan cara klik ikon arsip Di kanan bagian atas atau mau diarsipkan dulu untuk diedit lagi di lain hari.

2. Afterlight

Afterlight

Aplikasi ciamik ini punya fitur paling savage buat ngedit frame Kamu. Afterlight sudah diunduh lebih dari lima juta download pata tahun 2019, jadi bisa dijamin ini bukan platform editing yang kaleng-kaleng guys. Berikut langkah editingnya:

  • Pertama “log in” terlebih dahulu dan masuk ke dalam aplikasi.
  • Setelah terdaftar dan bisa masuk bisa klik icon “kumpulan foto” di sebelah kanan bawah untuk mengambil file dari galeri atau lambang “kamera” jika Kamu ingin foto secara langsung.
  • Setelah foto terdeteksi, silakan klik icon frame untuk memulai editingnya, terdapat banyak pilihan bingkai. Silakan pilih yang paling Kamu suka
  • Kemudian, aturlah saturasi, warna, ketajaman serta kekontrasan bingkai agar semakin ciamik jika dipadukan dengan foto cantikmu.
  • Voila, sudah selesai! Kamu tinggal menyimpan hasil editing dengan cara tekan tulisan swipe, resolusi penyimpanan gambar bisa diatur sesuai keinginan, tedapat tiga pilihan yaitu small (ukuran 800×600 pxl), medium (ukuran 1600×1200 pxl) dan max (ukuran 2048x1536pxl).
  • Kamu juga bisa membagikannya langsung ke beberapa media sosial sepeerti Facebook, Twitter, email dan juga Instagram, agar teman-temanmu mengetahui betapa cantiknya hasil editingmu.

3. POLY Apps

POLY Apps

Siapa sih yang nggak suka hasil potretan ala-ala polaroid? Hampir semua di antara Kamu pasti udah pernah pake filter bingkai ciamik ini. Aplikasi Poly secara otomotis langsung ada bingkai jadi bakalan bikin foto lebih vintage dan bernuansa klasik nan edgy. Cara editingnya adalah:

  • Untuk step pertama silakan aktifkan program Poly dengan cara masuk ke aplikasi tersebut.
  • Kemudian unggah gambar dengan klik icon kotak besar di sebelah kiri atau foto langsung menggunakan simbol kamera.
  • Setelah berhasil diunggah, saatnya Kamu menunjukkan kreativitas skill filtermu, silakan edit sesukamu menggunakan aplikasi ini. Terdapat fitur multiple untuk memberikan nuansa leak ataupun grain yang dapat menghadirkan kesan vintage.
  • Nah, karena aplikasi Poly sudah secara otomatis memberikan bingkai kertas instax maka langkah yang perlu dilakukan yaitu mengedit frame sesuai dengan keinginanmu.

Cara Membuat Bingkai Foto Tradisional

Berikut beberapa referensi unik yang bisa Kamu praktikan:

1. Bingkai Foto dari Bambu

Bingkai Foto dari Bambu

Bikin bingkai dari bambu memang kelihatan sedikit tradisional, tapi sebenarnya frame tersebut bakalan ngasih vibes natural dan alamiah. So, foto dengan framing bahan baku ini bisa jadi sesuatu yang epic banget. Nih, step singkat cara buatnya:

  • Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Untuk bikin frame yang estetik, Kamu akan membutuhkan beberapa bilah bambu, amplas, pisau, gerjaji kecil, tali dan juga lem kayu.
  • Nah, setelah semua bahan perlengkapannya siap, langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah menghitung dan memperkirakan ukuran frame sesuai dengan foto.
  • Kemudian, bambu dipotong-potong sedemikian rupa dan sisakan sedikit jarak biar nggak berkurang banyak waktu diamplas nantinya.
  • Perhatikan sekali lagi, apakah ukurannya benar-benar sesuai dengan foto Kamu, kalau sudah, haluskan satu per satu bagiannya memakai amplas atau bisa juga menggunakan batu penggosok. Fase ini membutuhkan waktu sedikit lama, karena terkadang tangan terasa lebih pegal.
  • Kemudian tata dan rapikan letak bambu sesuai dengan keinginanmu, setelah itu tinggal disambungkan dengan cara diberi lem atau diikat memakai tali untuk menimbulkan kesan vintage dan elegan.
  • Jika ikatan atau lem tidak belum terlalu kuat, Kamu bisa memakunya dengan paku kecil sehingga daya tahannya lebih terjamin.
  • Setelah dipastikan kuat maka langkah selanjutkan yaitu, memberi plitur atau cat sesuai dengan kesukaan Kamu. Dengan begitu, menimbulkan kesan rapi nan estetis, disarankan memakai cat kayu agar nanti finishinya lebih bagus.
  • Kamu juga bisa menunggu cat tersebut kering sambil menyiapkan tatakan belakang frame.
  • Setelah kering, langkah terakhir yaitu tinggal memasukkan foto terbaik ke dalam frame bambu penuh gaya tersebut, kemudian ditutup di bagian belakang agar lebih rapi.
  • Voila! Frame foto baru kamu siap dipajang di dinding.
  • Jangan lupa untuk membersihkan figura secara berkala guys, hal itu bertujuan untuk menjaga agar tampilan bingkai fotomu bisa tetap epic.

2. Bingkai Foto dari Kardus

Bingkai Foto dari Kardus

Selain menggunakan bambu, Kamu juga bisa memanfaatkan kardus untuk framing gambar,  kertas tebal ini dapat diubah menjadi berbagai tema seperti vintage maupun cheerful. Nah, lebih simpel dan tentunya ramah lingkungan bukan? Berikut cara membuatnya:

  • Pertama-tama Kamu harus menyiapkan alat dan bahan seperti kardus (bisa baru maupun bekas), cutter, gunting, lem, berbagai warna spidol dan pensil warna, paku kecil, triplek tak lupa cat warna.
  • Setelah bahan perlengkapan selesai disiapkan langkah selanjutnya adalah mengukur ketepatan foto dengan frame yang akan dibuat. Tahap ini harus dilakukan dengan cermat Guys, karena simetrisitas akan menentukan indah tidaknya bingkai dipandang.
  • Tahap ketiga yakni, membuat tutup pada belakang bingkai agar keamanan bisa dijamin. Benda yang digunakan bisa berupa triplek, kertas karton tebal, maupun kayu tipis ataupun seng.
  • Nah, langkah ke-empat ini yang paling seru dan bikin happy. Yups, menghias! Step ini bisa menggunakan alat serta bahan sesuai tema. Jika ingin vintage, cat warna cokelat serta tali rami boleh dijadikan pilihan. Kalau Kamu punya selera cheerful atau colourful bisa mengaplikasikan cat warna juga pita gliter untuk menambah semaraknya.
  • Langkah selanjutnya adalah finishing, Doft bisa dijadikan pilihan jika bingkai foto Kamu memiliki tema Dan Glossy akan lebih tepat untuk menambah kesan ceria pada figura yang penuh warna.
  • Bisa ditambahkan kaca, mika atau bahkan plastik tipis agar foto dalam bingkai tidak terkena debu, cipratan air serta noda lainnya.
  • Kemudian, setelah frame foto jadi, Kamu bisa segera mencoba memasang gambar pada bingkai tersebut, lakukan dengan hati-hati agar kedua benda tidak rusak.
  • Jika foto sudah terpasang, tutup kembali kaca, mika atau bahkan plastik tipis sebagai pelindung, agar gambar dalam bingkai tidak terkena debu, cipratan air serta noda lainnya.
  • Dan foto ciamik kamu siap untuk dipajang dan dipamerkan.
  • Jangan lupa untuk membersihkan figura secara berkala agar menjaga tampilannya tetap epic.

3. Cara Membuat Bingkai Foto dari Daun Kering

Bingkai Foto dari Daun Kering

Figura unik yang dulunya sering digunakan untuk mendapat nilai pada tugas akhir prakarya ini memiliki keelokan dan estetika sendiri. Kesan klasik bisa dimunculkan dari warna hangat pada finishing bingkai tersebut. Berikut adalah langkah sederhana dan cara buatnya:

  • Seperti kedua langkah di atas. Step pertama yakni mempersiapkan bahan serta peralatan yang dibutuhkan untuk membuat bingkai foto dari daun kering.
  • Bahan yang perlu disediakan yaitu, daun alami sudah dalam kondisi dikeringkan dan layu. Ini karena, hal tersebut akan mempermudah pembentukan serta pengecatan frame, air panas, karton tebal, asam sitrat, kaca, mika atau bahkan plastik tipis lainnya. Jangan lupa, se-ember air untuk merebus.

  • Kemudian peralatannya seperti, gunting, lem, cutter, penggaris, pensil, kompor serta panci untuk merebus daun.
  • Pertama-tama daun harus dicuci dulu G Hal itu bertujuan biar nanti nggak ada residu kotoran ketika dicat dan bisa menghasilkan finishing yang mulus.
  • Kemudian, Kamu bisa merebus air hingga mendidih dan tambahkan asam sitrat ketika sedang panas. Masukkan daun kering lalu tunggu selama lima belas menit.
  • Sembari menunggu daun kering, Kamu bisa mengukur kesesuaian antara kertas karton dengan foto yang akan dipajang di figura tersebut.
  • Kemudian, gunting karton yang nantinya akan digunakan untuk membentuk figura. Langkah ini harus dilakukan dengan tepat, karena tebal tipisnya kertas akan menentukan bagus tidaknya proses penempelan daun kering.
  • Setelah itu, gunting daun-daun yang telah dikeringkan tadi sesuai dengan selera masing-masing. Pemotongan bisa dilakukan dengan cara memanjang ataupun menelujur, disarankan menciptakan potongan berbeda-beda untuk menghadirkan vibe asimatris nan urbanic pada hasilnya.
  • Kemudian, tempelkan pola-pola daun kering tadi di atas kertas karton menggunakan lem kertas. Rapikan menggunakan gunting untuk sisa-sisa atau pinggirannya.
  • Setelah itu, Kamu juga bisa nyobain buat ngasih finishing glossy di atas daun-daun kering agar terlihat lebih elok nan epic.
  • Langkah selanjutnya Kamu bisa menambahkan kaca, mika atau bahkan plastik tipis untuk melindungi gambar agar foto dalam bingkai tidak terkena debu, cipratan air serta nokotoran
  • Kemudian silakan pasang foto terbaik Kamu ke dalam figura tadi.
  • Nah, jadilah bingkai foto vintage nan natural ala-ala tumblr bisa Kamu pasang si dinding maupun pada meja sudut ruanganmu.
  • Jangan lupa untuk membersihkan figura secara berkala Guys, hal itu bertujuan untuk menjaga agar tampilan bingkai foto kamu bisa tetap bersih dan terawat.

So, di atas merupakan berbagai macam cara bikin bingkai foto terbaru yang nanti bakalan berfungsi kalau Kamu butuh referensi editing untuk mempercantik ruangan serta memperindah tampilan feed media sosial.

Galeri untuk Cara Bikin Bingkai Foto Terbaru Anti Ribet

Gambar Gravatar
Tinggal di Jakarta. Gadis kecil yang punya hobbi olah vocal, dengerin music dan nonton film.   Selain itu, senang juga menulis tentang hal-hal teknologi dan marketing terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *