Cara Membuka File yang Terkunci di Flashdisk

2 min read

Cara Membuka File yang Terkunci di Flashdisk

Flashdisk adalah salah satu perangkat penyimpanan eksternal. Keberadaannya kerap dibutuhkan untuk menyimpan berbagai data dari komputer. Namun, bagaimana jika memori tersebut tiba-tiba terkunci oleh sistem? Maka, berikut ini cara membuka file yang terkunci di flashdisk dengan benar.

Cara Membuka File yang Terkunci di Flashdisk

Cara pertama untuk membuka flashdisk yang terkunci adalah menggunakan CMD. Fitur di dalam komputer ini memang tersedia khusus untuk memulihkan data-data apapun, sehingga bisa dimanfaatkan dengan maksimal daripada mengunduh aplikasi tambahan. Berikut ulasannya:

1. Buka CMD

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka CMD dengan tombol windows pada perangkat komputer.

  • Kemudian akan muncul tampilan command prompt dan langsung saja ketikkan “diskpart” di samping tulisan ASUS> dan tekan enter.
  • Setelah tahap ini, maka akan muncul notifikasi pop up berupa pilihan Yes dan No.
  • Untuk bagian ini silakan saja langsung pilih Yes kemudian lanjut ke tahap berikutnya.

2. Scanning Disk

Apabila langkah pertama telah dilakukan, maka akan muncul tampilan baru berupa Microsoft Diskpart. Di dalam jendela ini Anda hanya perlu mengetikkan “List Disk” dan tekan enter kembali. Sehingga Tab baru akan menampilkan status penyimpanan yang terdeteksi.

Pada jendela tab tersebut, silakan cari disk yang memiliki status white protected. Artinya penyimpanan tersebut sedang bermasalah, yaitu terkunci. Kemudian klik disk tersebut dan tekan enter kembali

3. Pemulihan

Selanjutnya apabila lokasi disk telah diketahui adalah mengetikan “áttribute disk clear readonly” pada bagian bawah sendiri. Kemudian akan diperlukan pemulihan flashdisk yang mengharuskan pengosongan penyimpanan.

Caranya yaitu dengan mengetikkan clean pada jendela baru yang muncul dan tekan enter sehingga muncul ruang diskpart baru. Kembali tuliskan “create partition primary”.

4. Flashdisk Telah pulih

Langkah paling terakhir setelah mengetikkan bagian nomer 3, yaitu dengan menuliskan kembali “format fs=fat32” di bagian bawah sendiri dan tekan enter. Jika tahap ini telah selesai dilakukan, maka selamat flashdisk berhasil kembali seperti sedia kala tanpa status white protected lagi.

Menggunakan Registry Editor

Registry editor sebenarnya merupakan fitur di dalam komputer yang hampir memiliki kesamaan dengan CMD. Cara membukanya pun dengan mencari tombol windows + R dan mengetikkan kata kunci regedit.

Setelah aplikasi terbuka baru mencari bagian hieky_local_machine dan klik sistem. Langkah selanjutnya adalah dengan memilih control, kemudian Anda akan diarahkan ke halaman storage evice polices dan cari saja writer protect.

Untuk pilihan writer protect ini langsung di klik kanan dan pilih fitur Modify. Kemudian Anda akan diberikan tampilan berupa perubahan tampilan cukup signifikan, yaitu menjadi angka 0 dan klik Ok. Maka flashdisk sudah bisa digunakan kembali dengan cara mencabut lalu memasangnya lagi.

Cara Membuka File yang Terkunci di Flashdisk dengan Aplikasi

Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk selanjutnya menggunakan beberapa aplikasi. Langkah ini dapat dilakukan apabila yang sebelumnya tidak berhasil, maka masih terdapat beberapa alternatif dan patut untuk dicoba seperti:

1. Aplikasi Fat32

Fat32 adalah aplikasi khusus yang digunakan untuk mengembalikan flashdisk terkunci atau istilahnya white protected. Sayangnya, Fat32 hanya mendukung komputer dengan sistem operasi windows, sehingga selain itu tampaknya perlu mencari solusi lainnya.

Untuk caranya sendiri sangat mudah. Anda hanya perlu memasangnya terlebih dahulu di dalam komputer. Apabila sudah, flashdisk yang telah terpasang langsung saja dipilih dan tekan tombol start. Maka, proses pemulihan telah dimulai dan tinggal menunggu waktu.

2. USB White protected

Cara membuka file yang terkunci di dalam flashdisk selanjutnya bisa menggunakan USB White protected. Konsepnya sebenarnya hampir sama dengan Fat32 dan bisa digunakan dengan mudah, yakni hanya tinggal mengikuti beberapa perintah saja.

Tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah memasangnya di perangkat komputer. Jika telah berhasil, maka buka aplikasi dengan klik kanan dan pilih Run as adminitrator. Di sana akan muncul beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan.

Salah satunya adalah USB Device Write protection. Kemudian, langkah terakhir yaitu dengan menekan ”disable”, maka flashdisk Anda telah berhasil dipulihkan.

3. USB Disk Storage Format Tool

USB Disk Storage format tool adalah salah satu aplikasi terbaik dan rekomendasi untuk mengatasi masalah flashdisk berupa white protected. Untuk cara pemakainnya sendiri juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya.

Aplikasinya tentu harus terpasang terlebih dahulu di dalam komputer. Barulah membukanya dengan memilih opsi Run as administrator. Apabila sudah, maka lanjutkan dengan klik tombol start serta mencentang bagian quick format. Setelah itu, baru menunggu proses hingga selesai.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuka file yang terkunci di flashdisk? Bahkan masalah ini dapat sangat mudah diatasi dengan berbagai aplikasi maupun sistem biasa. Anda juga bisa dengan memahami cara mengembalikan file yang terhapus  dengan beberapa cara. Jadi, seiring berkembangnya dunia teknologi orang-orang sudah tidak perlu takut lagi kehilangan data.

Jasa Root Hp Terdekat di Kota Anda

Dewasa ini, banyak jasa root hp terdekat menjamur di berbagai tempat. Mulai dari perkotaan, daerah sampai pedesaan. Hal ini sebanding dengan pertumbuhan akses internet...
redaksiacademic@gmail.com
1 min read

Cari Tau Yuk Mudahnya Cara menyadap WhatsApp

Kamu pasti sering dengerin kan Gengs kata-kata menyadap, kaya yang dilakuin polisi-polisi gitu, ini juga bisa dijalankan pada aplikasi WhatsApp. Ada beberapa cara menyadap...
redaksiacademic@gmail.com
5 min read

Harga Jasa Surveyor Terbaru yang Jarang Diketahui Publik

Sebagai konsultan pemetaan memiliki berbagai tingkatan jabatan dan hal tersebut pastinya mempunyai tanggung jawab berbeda-beda. Maka dari itu harga jasa surveyor  pasti mempunyai spesifikasi...
redaksiacademic@gmail.com
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *