Cara Menghapus Akun Facebook Paling Mudah

5 min read

Hari gini kaum milenial pasti udah nggak asing lagi dengan plafrom satu ini. Facebook memang sempat menjadi akun media sosial yang hampir dimiliki semua kalangan. Namun, pernah nggak Kamu mencoba mencari cara menghapus akun Facebook? Entah alasan ingin buat yang baru atau sudah mulai bosan.

Kenapa Akun Facebook Dihapus?

Cara Menghapus Akun Facebook

Facebook memang menjadi primadona bagi anak milenial, bahkan sampai saat ini. Namun, setelah berkembangnya platform media sosial lainnya sebagian orang mulai berpindah ataupun memiliki akun ganda. Mungkin salah satunya Kamu. Simak alasan dan manfaat menghapus akun Facebook berikut ini:

1. Alasan Orang Menghapus Akun Facebook

Karena mulai banyak anggapan dimana banyak berita hoax yang tersebar di jejaring ini dan jelas bikin penggunanya nggak lagi nyaman bahkan lebih sering terganggu. Terkadang juga beberapa teman di Facebook yang sering bikin postingan kurang enak buat dilihat mata.

Nah, yang tidak kalah mengganggu akhir-akhir ini terkait dengan isu bahwa ada berita soal kebocoran data di Facebook yang disalah gunakan oleh pihak tertentu. Kan ngeri juga jika data pribadi Kamu kesebar ke tangan oknum tidak bertanggung jawab.

Bahkan seperti kasus yang ada di Amerika Serikat menyebutkan bahwa data privasi penggunanya disalah gunakan buat kepentingan mempengaruhi suara politik. Ini tentunya akan berimbas ke hasil pemungutan suara akhir di pemilu presiden 2016, tentu saja kecurangan yang sangat mencoreng nilai demokrasi.

So, karena banyaknya alasan tersebut dan alasan pribadi masing-masing pengguna. Akhirnya banyak orang yang mulai menghapus akun Facebook mereka untuk kepuasan pribadi, hingga menjaga keamanan data diri.

2. Manfaat menghapus Akun Facebook

Sebenarnya banyak juga manfaat yang bakalan Kamu dapat setelah menghapus akun Facebook ini, baik sementara atau secara permanen. Pertama bisa lebih bersyukur dengan keadaan yang ada tanpa perlu membanding-bandingkan pencapaian dengan postingan orang lain.

Sebab, kecenderugan orang memang suka membagikan hal bahagianya saja. Jadi kesannya saat temanmu menunjukkan aktifitas yang nampak bahagia, Kamu tidak jarang mengutuk diri sendiri dengan pernyataan “kenapa aku tidak sebahagia Dia dan bla bla”.

Kamu lebih bisa bersosialisasi dengan orang lain yang ada di sekitarmu. Ini karena sadar tidak sadar, sebagian besar waktu akan dihabiskan di depan layar gadget dengan teman-teman yang belum tentu dikenal di dunia nyata. Kamu jadi kehabisan momen berkumpul bersama keluarga atau sahabat.

Sehingga, sudah saatnya kembali kepada lingkup kehidupan nyata yang lebih sehat. Bertemu, ngobrol bareng temen, travelling, olahraga dan berbagai kegiatan positif yang bisa dilakukan di dunia nyata. Dengan begitu, akan lebih mempererat semua kegiatan dengan orang sekitar.

Bahkan Kamu juga bisa mulai bisa menghindari istilah “lebay” yang ditunjukkan karena terlalu sering upload kegiatan sehari-hari mereka di Facebook. Hal semacam itu lebih cenderung mengarah pamer, daripada memberikan informasi menarik.

Apakah Beda? Menghapus Akun Dan Menonaktifkan Akun

Jadi sebernernya ada 2 pilihan saat bosan dengan akun Facebook, yang pertama Kamu bisa hapus secara permanen dan kedua menonaktifkannya. Cara yang ditempuh untuk kedua hal tersebut juga jelas berbeda. Lalu dimana letak perbedaannya?

1. Maksud dari Menonaktifkan Akun Facebook (Hapus sementara akun)

Menonaktifkan akun Facebook berarti Kamu masih bisa buat akses lagi akunmu di kemudian hari, kapanpun yang diinginkan.  Jadi ini cocok buatmu yang cuma lantaran bosen sebentar dengan semua hal yang berkaitan dengan media ini. Namun, tidak memiliki niatan buat hilangin selamanya.

Jika akun telah dinonaktifkan itu, berarti teman-teman di Facebookmu tidak bisa melihat lini masa atau mencari akunmu di bagian menu “pencarian”. So, langkah mungkin ini ada baiknya agar Kamu istirahat sejenak dari jejaring sosial di dunia maya satu ini.

Akan tetapi, bukan berarti semua aktivitasmu bakalan hilang. Sebab, untuk beberapa informasi seperti pesan yang Kamu kirim ke teman, masih bisa mereka lihat dan dibaca.

2. Maksud Dari Menghapus Akun Facebook secara Permanen

Menghapus permanen, berarti Kamu harus siap dengan beberapa konsekuensi yang bakalan terjadi. Misalnya saja, Kamu nggak bakalan bisa akses akunmu lagi setelah resmi dihapus.

Pada langkah ini, sistem Facebook masih menunda penghapusan akun hingga beberapa hari setelah proses penghapusan secara permanen. Hal ini guna memberi tenggang waktu untuk penggunanya, jika tiba-tiba Dia memutuskan untuk membatalkan proses ini.

Jadi, proses hapus akun ini membutuhkan waktu sekitar 90 hari untuk benar-benar menghapus keseluruhan data yang ada.  Baik itu hasil postingan maupun yang tersimpan pada sistem pencadangan. Sehingga, informasi apapun nggak bakal bisa diakses dalam jangka waktu tersebut.

Lalu terkait dengan informasi riwayat pesan yang terkirim, tetap bisa dilihat oleh teman Kamu setelah akun resmi dihapus. Dan catatan log tetap ada di bagian database, intinya semua yang tidak ada kaitannya dengan data pribadi masih tetap tersimpan.

Cara Menghapus Akun Facebook Secara Sementara

Maksud dari menghapus akun Facebook secara sementara sama dengan menonaktifkan akun yang Kamu punya. Keuntungannya tetap bisa mengakses akun tersebut di saat tertentu. Berikut cara yang harus dilakukan.

Pertama, buka laman resmi di www.facebook.com dan seperti biasanya login pada akun milikmu. Lalu pilih bagian menu pengaturan dan akan ditampilkan beberapa opsi dan pilih bagian pengaturan umum akun.

Setelah itu, pilih kata sunting kemudian lanjutkan dengan klik “kelola akun”, lalu akan muncul berbagai data Facebook, scrool bagian bawah dan pilih “nonaktifkan akun Anda”. Maka setelah mengklik bagian tersebut, akan diberikan form maka pilih “lainnya, jelaskan lebih lanjut”.

Kamu bisa jelaskan, kenapa menutup akun dan alasan lainnya. Jangan lupa klik tolak email jika tidak ingin ada email pemberitahuan dari Facebook. Terakhir, pilih tutup dan klik kotak yang menyatakan siap buat nonaktifkan akun. Dan sekarang otomatis akun sudah berhasil dinonaktifkan.

Cara Menghapus Akun Facebook secara Permanen

Jika kamu sudah sangat jenuh dan bosan dengan akun Facebook, ada beberapa langkah buat mengetahui cara menghapus akun Facebook secara permanen. Tapi ingat, itu artinya Kamu nggak bakal punya akun lagi selamanya. Sebenernya cara ini menurut sebagian orang tergolong ribet.

Namun, tidak ada salahnya jika Kamu memang serius buat melakukannya. Selain agak ribet menghapus permanen, juga butuh waktu yang lama jadi pastikan stok sabarmu penuh. Berikut caranya dan perhatikan dengan seksama. Yakni:

1. Cara Hapus Akun Facebook Milik Pribadi

Pertama ,pastikan Kamu sudah masuk ke tautan buat hapus akun Facebook. Lalu klik tombol opsi “hapus akun saya” di bagian pojok atas. Nah kalo udah pilih gambar yang sesuai guna verifikasi. Kalo itu udah kelar juga, maka tunggu sampai 14 hari higga 90 hari karena akun Facebook Kamu resmi terdaftar sebagai akun hendak di hapus oleh sistem.

Sebenarnya wajar sih, waktu lama hapus akun itu tergantung juga pada banyaknya postingan yang dulu pernah dibikin saat masih jadi pengguna aktif. Agar lebih aman, ada saran untuk melakukan download copy atau unduh salinan berbagai kiriman maupun foto.

Caranya, Kamu tinggal masuk bagian pengaturan lalu pilih unduh salinan yang ada di bagian atas dan klik unduh arsip. Saran yang lain lagi, pastikan untuk disintegrasikan akun Facebook dari aplikasi setelah hapus akun secara permanen.

Karena kadang berbagai aplikasi lain telah menggunakan akun Facebook buat login. Misalnya aplikasi pemesanan tiket online, akun sporty dan lainnya. Jadi pastikan udah nggak ada aplikasi lain yang masih terkoneksi dengan akun Facebook Kamu ya guys.

2. Cara Hapus Akun Facebook Orang lain atau Teman

Sistem kerja Facebook tidak hanya memfasilitasi buat hapus akun pribadi saja, namun juga bisa kasih bantuan saat Kamu butuh melakukan penghapusan akun orang lain. Penasaran caranya? Yuk simak keterangan berikut ini agar ngerti.

Cara hapus akun orang lain ada dua syarat khusus yang harus diperhatikan. Pertama, pastikan jika pemilik akun atau temanmu udah nggak bisa lagi gunain akun Facebook alias tidak bisa mengoperasikan secara fisik. Baik karena sakit atau mengalami kecelakaan.

Sedangkan kedua, jika pemilik akun sudah meninggal, jadi diharapkan proses hapus akun Facebook ini dilakukan oleh orang terdekatnya, seperti keluarga atau sahabatnya. Jadi nggak serta merta bisa hapus akun orang lain.

Untuk melakukannya, masuk ke laman akun tersebut, lalu mengisikan identitas diri Kamu dan pengguna yang hendak dinon-aktifkan. Lalu isikan alamat web dan URL dari pengguna. Selanjutya, isi email pengguna dan centang bagian yang disediakan.

Hal itu sebagai pertanda akun orang lain tersebut siap untuk dihapus. Namun, jangan gunakan cara ini untuk akun yang masih aktif. Hal ini akan merugikan pengguna lain dan termasuk tindakan yang tidak menyenangkan.

3. Cara Hapus Akun Facebook Lupa Email dan Password Login

Sebenarnya, jika Kamu ingin hapus akun yang lupa email dan password, sistem pada Facebook sendiri tidak menyediakan seperti berbeda cara di atas. Jangan khawatir, Kamu tetap bisa menghapus akun tersebut.

Caranya gampang banget, dengan melaporkan akun tersebut yang seakan itu merupakan spam. Jadi Kamu harus blokir akun lamamu sendiri dan melaporkan ke sistem, bahwa itu akun spam alias akun pengaggu. Lalu ikuti langkah berikut ini.

Pertama, login pada akun Facebook yang baru atau paling nggak Kamu bisa pinjam akun temenmu sebentar. Kemudian, cari akun lama (akun milikmu ) yang hendak dihapus. Jika sudah, menemukan akun tersebut pilih titik tiga di bagian profil dan klik pulihkan atau tutup akun ini.

Setelah tahapan semua itu Kamu lakukan dengan benar, maka akun yang lupa email dan password akan dihapus dan hilang dari Facebook. Namun, sebenarnya hal ini tergantung dari pihak Facebook itu sendiri, terkadang mereka menganggap hal semacam ini juga kejahilan pengguna. Bahkan, bisa saja akun temanmu justru yang akan terblokir.

Itulah berbagai cara menghapus akun Facebook paling mudah buat Kamu praktikkan. Mulai dari hapus akun sendiri, akun orang lain hingga hapus akun yang lupa email dan sandinya. Jika kamu telah berpikir matang-matang dengan berbagai alasan yang kuat, maka tidak ada salahnya mencoba salah satu cara yang sudah dipaparkan di atas. Selamat mencoba.

Apa Itu Gowes? Inilah Arti kata Gowes yang Menarik

Salah satu gaya hidup sehat adalah dengan berolahraga, Anda bisa memilih berbagi jenis olahraga yang menarik. Namun saat ini, bersepeda menjadi salah satu jenis...
redaksiacademic@gmail.com
1 min read

Manfaat Orang Berjalan untuk Kesehatan

Jalan kaki adalah latihan aerobik yang bagus dan cara efektif untuk memulai metabolisme Anda. Menurut jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise, orang...
redaksiacademic@gmail.com
1 min read

Cara Bikin Bingkai Foto Terbaru Anti Ribet

Anak muda sekarang siapa sih yang nggak punya foto kekinian? Pasti semua udah kan? Baik untuk dipajang di dinding, kamar ataupun sekedar pelengkap media...
redaksiacademic@gmail.com
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *