Cara Menghemat Listrik AC

2 min read

Cara Menghemat Listrik AC

Ada banyak cara menghemat listrik AC yang perlu Anda lakukan demi meminimalkan biaya listrik. Tentu hal ini perlu pengguna AC perhatikan demi memaksimalkan fungsi kerjanya sekaligus dengan menghindari pembengkakan pengeluaran rutinan. Berikut beberapa ulasannya:

Beberapa Cara Menghemat AC Listrik

AC memang menjadi salah satu alat elektronik yang bermanfaat bagi banyak orang. Khususnya bagi warga perkotaan dengan cuaca panas, maka sangat memerlukan AC untuk mendinginkan ruangan. Sayangnya masih banyak dari mereka justru menimbulkan pembengkakan biaya listrik. Digambarkan Mitra Teknik selaku jasa service AC Malang, berikut detail caranya;

  1. Memilih AC Hemat Energi

Bagi Anda yang sedang berencana untuk membeli AC, maka cobalah untuk mencari dahulu melalui internet atau petugas tokonya. Tipe dan merk berbeda tentu akan menawarkan fitur masing-masing dengan kelebihan dan kelemahannya sendiri. Kini salah satu teknologinya yaitu hemat energi.

AC yang memiliki teknologi hemat energi menjadi salah satu cara untuk Anda agar bisa menghemat listrik. Fitur low watt ini memiliki kompresor menggunakan daya lebih kecil daripada jenis pada umumnya. Menariknya, penggunaan seperti ini mampu menghemat sampai 20 hingga 30% konsumsi.

  1. Memilih AC dengan PK Rendah

Jadi PK merupakan singkatan dari Paard Kracht yakni besaran daya yang pasti AC butuhkan selama bekerja. Umumnya satu buah perangkat elektronik ini memiliki ukuran 1 PK dengan 350 watt sampai 700 watt. Kian kecil angkanya, tentu pemakaian listriknya juga semakin rendah alias menghemat.

Anda bisa memilih AC dengan PK yang rendah bahkan menunjukkan angka ½ PK. Tidak hanya menghemat, cara ini juga menjadi solusi apabila memiliki rumah berukuran di bawah 10 m2 karena kurang efisien jika menggunakan AC dengan skala besa.

  1. Menghindari Pengaturan Suhu di Bawah 24 Derajat

Salah satu cara ini juga menjadi tips yang paling mudah dalam penghematan penggunaan AC. Anda hanya perlu menghindari pengaturan suhu di bawah 24 derajat. Pasalnya pemakaian temperature dalam kisaran angka ini hanya akan membuat konsumsi listrik semakin boros.

Anda bisa menggunakan suhu di atas 24 derajat celcius. Banyak informasi menyampaikan jika angka ini merupakan batas maksimal dalam pengaturan suhu pada penggunaan AC. Tagihan listrik juga tidak akan mengalami lonjakan secara signifikan lantaran melakukan penghematan konsumsi daya.

  1. Memasang Timer AC

AC memang sudah memiliki rancangan untuk mampu memberikan suhu yang lebih dingin bagi penghuni di dalamnya. Satu hal perlu pengguna perhatikan yaitu dengan tidak lupa memasang timer saat menggunakannya. Pasalnya banyak orang lupa untuk memakainya secara seharian penuh.

Tentukan kapan jam yang efektif ketika Anda harus menggunakan AC. Khususnya jika sedang tidak ada orang di rumah tentunya suhu di dalamnya juga kian dingin dan sejuk. Konisi seperti ini memungkinkan untuk mengurangi penggunaan AC.

  1. Menghindari Buka Tutup pada Ruangan Ber AC

Pastikan jika ruangan yang memiliki AC ini selalu dalam keadaan menutup. Pintu dengan buka tutup secara terus menerus akan membuat suhu di dalamnya menjadi kurang stabil. Kondisi seperti ini tentu akan menghambat kerja dari AC itu sendiri.

Pasalnya AC akan bekerja secara terus menerus untuk menstabilkan suhu di dalam ruangan. Biasanya penggunaan AC seperti ini sedikit lebih susah dalam mencapai temperaturr sesuai keinginan dan kurang stabil.

Penyebab Biaya Listrik AC Tinggi

Hampir semua dari rumah modern saat ini sudah menggunakan AC demi mendapatkan suasana sejuk dalam ruangan. Khususnya bagi mereka yang tinggal di kawasan perkotaan. Sayangnya penggunaan secara terus menerus akan membuat biayanya semakin tinggi. Berikut beberapa penyebabnya:

  1. Membuka Tirai di Siang Hari

Anda perlu menutup seluruh tirai yang ada di jendela ruangan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi masuknya cahaya dari matahari di siang hari. Tentunya kondisi seperti ini berlangsung ketika cuaca sedang panas-panasnya.sehingga mampu meningkatkan suhu di dalam secara tidak langsung.

Menutup semua tirai di siang hari ini akan membantu kerja AC bisa bekerja secara lebih cepat. Fungsinya untuk mencapai suhu ruangan sesuai dengan keinginan Anda masing-masing. Hal ini juga membuat kompresor tidak akan lelah dalam menurunkan temperature.

  1. Langsung Menyalakan AC Sesudah Keadaan Mati

Apabila AC baru saja mati karena memang sengaja Anda matikan, maka hindari untuk menyalakannya secara langsung. Tunggulah sampai beberapa menit dahulu setidaknya 5 menit sebelum menggunakannya kembali.

Hal ini berfungsi agar bagian oil kompresor dan gas freon bisa kembali dahulu dan beristirahat sejenak sebelum beroperasi kembali. Kondisi seprti ini memang tampak sepele, namun cara ini nyatanya sangat efektif agar umur AC awet dan tidak memakan biaya listrik begitu banyak.

  1. Menyalakan Mode Sleep di Malam Hari

Perlu Anda ketahui bahwa suhu atmosfer akan turun ketika malam hari. Jadi tidak perlu harus mengubah AC menjadi lebih dingin karena temperature lingkungan akan membantunya sendiri. Sementara tubuh juga sudah memiliki kemampuan agar mampu bertoleransi dengan derajat lebih tinggi

AC yang bekerja pada mode sleep, hanya perlu Anda gunakan untuk menurunkan suhu ruangan sesuai dengan kinerja saja. Setelahnya, temperature pun akan menyesuaikan berdasar kecepatan kipas. Perputaran fan semakin rendah bisa membuat konsumsi listrik menjadi lebih hemat.

Itulah tadi beberapa cara menghemat listrik AC sekaligus dengan penyebabnya. Alat elektronik ini memang memakan konsumsi daya cukup besar sehingga harus cerdik untuk melakukan berbagai tips dan trik dalam penghematan penggunaannya.

 

Cara Memasang Parabola 2 Receiver agar Tayangan Jernih

Dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, segala hal sangat mudah untuk didapatkan. Salah satunya dengan kemunculan antena parabola yang menyediakan banyak tayangan menarik untuk...
redaksiacademic@gmail.com
2 min read

Cara Mendapatkan Arah Satelit Telkom 4

Masih banyak orang yang belum tahu perihal arah satelit Telkom 4. Padahal namanya sudah populer bahkan sampai menjadi buruan para pengguna parabola. Pasalnya, saat...
redaksiacademic@gmail.com
2 min read

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2021

Setiap pelajar pastilah memiliki pemikiran yang berbeda-beda, hendak meneruskan ke jenjang tertinggi atau tidak itu urusan mereka. Namun, seringkali pelajar tersebut selalu mencari referensi...
redaksiacademic@gmail.com
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *