Cara Cepat Cek Nomor Telkomsel

5 min read

Kebiasaan ringan tapi sering disengaja oleh Kita adalah, waktu beli kartu malah dibuang bungkusnya, karena hal ini terkadang reflek. Ya gitulah ciri anak muda, orang pelupa dan sebangsanya. Bercanda Gengs, jangan khawatir karena banyak cara buat cek nomor Telkomsel milikmu yang kelupaan.

Apa itu Kartu GSM ?

Kartu GSM

Sebelum ngomongin lebih jauh soal perdana Telkomsel, Kamu perlu tau Gengs kalau provider itu termasuk salah satu kartu GSM (Global System for Mobile Communication). Hampir semua ponsel di seluruh dunia masa kini jaringannya pakai jenis ini.

Salah satu fungsi jaringan ini adalah ngasih akses lebih mudah buat seluruh platform seluler dan satelit sedunia. Dan perlu kamu tau Gengs, jaringan ini minimal berjalan di generasi kedua atau yang biasa Kita kenal dengan 2G. Tapi yang paling banyak digunakan 3G biar lebih memuaskan klien gitu.

For your information, awal adanya jaringan GSM ini pada tahun 1982 yang awalnya cuma buat ngatasin infrastruktur seluler di Eropa, tapi malah cepet banget meluas ke negara lainnya. Termasuk Indonesia tercinta Kita ini.

Biasanya telepon yang pakai jaringan GSM ini pakai kartu SIM bukan surat ijin mengemudi ya, tapi fungsinya buat menyimpan data tentang telepon dan penggunanya. Dan itu bakalan pengaruh terhadap informasi biar mudah dikirim ke perangkat yang beda.

Keberadaan CDMA

CDMA

Jadi ada 2 macam kartu yaitu GSM dan CDMA. Awal mulanya dulu waktu tahun 2000an, masih banyak pengguna HP yang jaringannya seimbang antara jumlah pengguna CDMA dan GSM. Tapi karena sekarang ini banyak tipe sudah beralih semua menggunakan jaringan GSM.

Bahkan sebelum 2016, operator telekomunikasi code-division multiple access (CDMA) ini harus pindah menyeluruh ke jaringan GSM. Jadi, para pengguna yang punya HP jadul dengan jaringan CDMA otomatis harus segera diganti daripada perlahan-lahan nggak bisa digunakan.

Setelah kebijakan itu keluar, operator CDMA Indonesia tutup seperti flexi, Esia, Indosat, maupun smartphone. Untuk jaringan indosat sekarang ini masih cukup populer di kalangan Kita, karena jaringannya juga sudah beralih ke GSM.

Cara Cepat Cek Nomor Telkomsel

Pernah nggak sih Kamu waktu beli kartu bungkusnya dibuang, padahal belum aja dipasang. Meski jangan diulangi gitu lagi Gengs. Tetapi tenang saja, ada cara cek nomor Telkomsel kalo kamu pas kelupaan. Cara mudah, seperti:

1. Dial Up

Cara yang paling mudah pertama buat ngecek nomor Telkomselmu lewat ponsel atau smartphone tinggal menghubungi kode UMB tertentu. Caranya tekan *808# lalu tekan ikon panggil atau biasanya berwarna hijau dan putih gambarnya kayak telepon rumah.

Tunggu sebentar aja dan langsung muncul tampilan pop up yang menyajikan berapa digit nomor telepon milikmu. Nah setelah itu, Kamu bisa tulis nomor ini di buku atau bisa dicatat di HP buat ingat nomor ini seterusnya.

Tapi kalau kamu lagi males, informasi di layar itu bisa dikirim lewat SMS. Namun, ada biaya khusus walaupun cuma 55 rupiah saja.

2. Aplikasi MyTelkomsel

Aplikasi MyTelkomsel

Selanjutnya, Kamu bisa cek secara online, kalaupun paket datanya belum aktif bisa memakai jaringan wifi. Setelah itu, tinggal kunjungi saja aplikasi ini dan semua informasi tentang kartumu mulai nomor, julah poin, juga pulsa akan tertera dengan jelas semuanya.

Buat Kamu yang belum punya, aplikasi ini bisa didownload mudah lewat Playstore ya. Kalau proses installnya sudah selesai, langkah berikutnya harus segera daftarkan nomor Telkomselmu lewat aplikasi ini. Untuk penggunaannya, maksimal 1 akun bisa daftar buat 5 nomor.

3. Minta Bantu Operator

Minta Bantu Operator

Jangan gengsi buat minta bantuan, kalau Kamu nggak bisa ngelakuinnya sendiri ya Gengs. Buat pengguna kartu Simpati, As maupun Loop bisa menghubungi call center 188 dengan biaya murah, cuma 300 sampai 400 rupiah aja.

Nah buat Kamu pengguna kartu Halo, nomor call centernya berbeda yaitu 133 dan biayanya gratis. Tapi khusus buat pengguna yang lagi ada di luar negeri, bisa menghubungi call center di +628110000333.

4. Bantuan Ponsel Teman

Bantuan Ponsel Teman

Cara ini termasuk mudah dilakukan, Kamu tinggal sms saja atau telepon di nomor temen. Pasti muncul berapa rincian nomornya. Tetapi, akan kesusahan jika punya pulsanya habis. Cara yang bisa dilakukan dengan mengisi menggunakan voucher gosok, namun susah ditemukan.

Macam-Macam Kartu Telkomsel

Macam-Macam Kartu Telkomsel

Sebagai salah satu operator tertua dan terbaik, pastinya Telkomsel nggak cuma nyediain satu macam kartu saja, tetapi banyak sekali. Dan semuanya pasti punya keunggulan masing-masing melalui penawarannya. Seperti:

1. AS

Kartu yang punya tag line “pas buat semua ini memang diciptakan khusus buat konsumen kalangan menengah, sampai para pelajar yang punya dana terbatas untuk beli paket data, SMS, atau  telepon. Terbukti harganya cuma 5 ribu aja dan Kamu sudah bisa bawa pulang dengan masa aktif 30 hari.

2. Loop

Tag line yang diusung “ini Kita, yang identik dengan merakyat jadi cocok buat dibeli oleh kaum muda. Harganya juga murah, hanya sekitar 5 ribu rupiah saja. Untungnya lagi, pada pembelian pertama langsung ada pulsa terisi 5 ribu dengan masa berlaku selama 30 hari.

3. Simpati

Salah satu kartu ini banyak banget diketahui orang, bahkan udah dipakai dari zaman-zaman dulu. Tag linenya menarik yaitu “your everyday discoveries ini merupakan kartu yang bakalan terus ada dimiliki oleh Telkomsel. Asyiknya, setiap tahun tajuknya berbeda-beda.

Berbeda dari 2 jenis kartu sebelumnya, harganya murah meriah karena emang lebih merakyat. Khusus kartu jenis ini dibanderol sedikit mahal yaitu, 50 ribu rupiah. Selisih 10 kali lipat ya Gengs, karena kartu ini emang ditujukan bagi kelas menengah ke atas.

Fasilitasnya juga nggak main-main, kartu ini dijamin sudah terhubung dengan jaringan 4G LTE. Selain itu, kamu udah otomatis dapet kuota internet 25 MB yang punya masa berlaku 3 hari. Wah lumayan banget.

Keunggulan  dan Kekurangan Pakai Kartu Telkomsel

Keunggulan  dan Kekurangan Pakai Kartu Telkomsel

Zaman yang semakin maju ini baik banget buat pertumbuhan dan perkembangan. Tapi dengan banyaknya kartu perdana yang tersedia, terkadang malah bikin Kita gegana (gelisah galau merana) untuk menentukan mau beli yang mana.

Dengan menggunakan Telkomsel, semua permasalahan terkait jaringan akan teratasi, karena memberikan keuntungan yang banyak. Salah satunya yakni:

1. Jaringannya Seluas Lautan

Tahu kan, kalau negara Kita ini seribu pulau, jadi kebayangkan luas lautannya kayak apa. Jaringan kartu perdana Telkomsel itu menguntungkan dan sangat kuat. Jadi mau ada di hutan, pantai, pelosok desa, tengah kota, sampai dalam sumur atau dimanapun itu aman dan lancar jaya.

Kita tetep bisa SMS, telepon, balesin whatsapp, internetan dan semua kepentingan yang memerlukan HP dan kartu akan tetap enjoy. Selain itu, dibandingkan dengan operator lain hanya Telkomsel yang jaringannya paling merata sampai ke pelosok Indonesia.

2. Operator Tertua

Nggak selalu yang tua itu gampang aus ya. Kadang semakin tua semakin membuktikan keseniorannya apalagi kualitasnya. Karena itu, Telkomsel adalah kartu perdana yang meraih pengguna terbanyak sampai saat ini.

Gimana enggak, mulai dari kakek nenek buyut udah ada di jamannya Telkomsel muncul, diturunin ke ayah ibu, dan sekarang yang muda juga masih puas bahkan ketagihan sama fasilitas dan keunggulannya.

3. Paket Termurah

Emang Kita tuh sukanya yang ter-ter ya. Pokoknya maunya bagus, apalagi kalau denger dan lihat kata murah bawaannya penasaran terus. Kalau Kamu sukanya internetan, kartu ini pasti jadi satu-satunya pilihanmu. Karena selain paket unlimitednya murah, kecepatannya juga ngebut banget cuy.

Buat paket 4G LTE, kecepatannya mencapai 36 Mbps dan ini menguntungkan banget karena bisa akses informasi atau pakai aplikasi-aplikasi lainnya dengan cepet.

4. Tarif Mahal

Ngomongin kelebihan pasti ada kekurangan atau kelemahannya. Fasilitas jaringan Telkomsel memang super, tetapi karena tarifnya yang cenderung lebih mahal dibanding perdana lainnya ini ngebuat sebagian pembelinya pikir-pikir 2 kali.

Nggak Cuma harga perdananya aja yang mahal, tetapi termasuk biaya pengiriman pesan, telepon dan sebagainya. Semuanya lebih mahal dari pada kartu lain.

5. Tingkat Akurasi Masih Lemah

Komunikasi pakai jaringan Telkomsel ini belum bisa dibilang dalam keadaan cepat dan akurasi yang baik, karena di beberapa wilayah plosok meski tidak banyak masih sering terjadi kesulitan mencari sinyal. Ini karena jaringan towernya belum memenuhi.

Nasib Para Pelanggan CDMA yang Ditutup

Nasib Para Pelanggan CDMA yang Ditutup

Meski hampir semua jaringan CDMA Indonesia dipaksa tutup, hingga 2015 lalu, cuma flexi dan starOne atau Indosat yang berencana pindah frekuensi jadi GSM. Sedangkan esia dan smartfren masih berencana tapi aksinya belum terlihat. Bagaimana nasib provider selain itu, seperti:

1. Flexi

Para pelanggan Flexi ditawari buat pindah ke Telkomsel. Semua nomor Flexinya bisa menjadi nomor pelanggan AS dengan nomor depannya 4 digit 0851. Yaitu flexi trendy menjadi AS-CDMA, Flexi Classy menjadi Halo Fit-CDMA atau AS-CDMA.

Pelanggan Flexi jauh lebih diuntungkan, karena selain jangkauannya bakal lebih luas, tarif pulsanya juga nggak bakalan berubah meski sudah jadi jaringan GSM. Walaupun begitu, provider ini kurang diminati terutama untuk daerah pedesaan.

2. StarOne

Sama seperti Flexi, jadi StarOne akan menghapus secara bertahap dan mengizinkan buat pindah ke layanan GSM Indosat, namun tetap menggunakan nomor lama dan potongan harga untuk handphone baru kala itu.

3. Esia

Masih ingatkan Kamu dengan provider ini, yang iklannya cukup booming saat bulan Ramadhan. Dengan berbagai macam penawaran menarik di kala itu. Namun, nasibnya telah berubah.

Meski mengalami cukup kerugian dari tahun ke tahun, Esia memutuskan untuk bergabung dengan Smartfren saat itu, walau belum pasti hanya merger atau kerja sama. Karena memang terancam surut dan usahanya sampai harus dimerger.

4. Smartfren

Awalnya, akan bekerja sama dengan Esia dalam meluncurkan GSM baru, tapi nampaknya sampai sekarang belum juga terealiasasi. Tapi berdasarkan berita yang beredar di tahun 2019, ini akan mencoba untuk jaringan 5G. So, Kita tungguin ajah.

Ya itulah Gengs cara cek nomor Telkomsel yang bisa kamu coba. Telkomsel akan selalu punya pengguna setia karena emang lebih fleksibel buat digunain kapanpun dan dimanapun. Jadi buat Kamu yang bakalan beli perdana Telkomsel yang baru, harus tahu nih cara cek nomor Telkomsel dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

unique visitors counter