Cara Mudah Kunci Aplikasi di Androidmu

5 min read

Kunci Aplikasi Android

Privasi merupakan suatu hal yang penting banget buat dijaga biar nggak disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Fitur sidik jari, deteksi wajah dan kunci aplikasi layar kadang masih belum cukup, karena ada saja cara dari oknum kepo untuk membongkar ranah privat seseorang.

Pentingnya Mengunci Aplikasi di Ponsel

Mungkin Kamu akan merasa risih banget kalau ada orang yang secara iseng membuka-buka galeri smartphone  tanpa bertanya terlebih dahulu. Hal itu sangat wajar, karena beberapa foto dalam ponsel Kita merupakan suatu yang cukup privat dan hanya bertujuan untuk dijadikan konsumsi pribadi saja.

Nggak cuma galeri, aplikasi chatting dan media sosial seperti  Email, WA, Line, Telegram, Facebook, bahkan Instagram yang kadang digunakan untuk keperluan bisnispun terkadang masih diuntit dengan alasan kepo.

Privasi merupakan suatu hal yang nggak ternilai harganya Guys. Bayangkan jika foto-foto pribadi yang ada di ponsel Kita dilihat dan disalah gunakan oleh orang-orang yang nggak bertanggung jawab. Rasanya pasti nano-nano, karena selain bikin malu, hal tersebut juga bisa mencemarkan nama baik.

Selain alasan menjaga privasi, mengunci aplikasi pada ponsel Android juga bermanfaat untuk meminimalisir resiko penyalahgunaan oleh orang asing Guys. Hal itu bertujuan ketika sewaktu-waktu handphone Kamu hilang, tidak akan ada oknum yang bisa memanfaatkan dan mengaksesnya.

Untuk menerapkan fitur kunci pada smartphone, ada beberapa langkah dan cara mudah untuk dilakukan. Ini agar seluruh keperluan bisnis dan privasi yang digunakan untuk konsumsi sendiri bisa terjaga dengan baik.

Macam-macam Aplikasi Pengunci

Selain fitur layanan bawaan ponsel, beberapa developer menyediakan banyak aplikasi pengunci yang dapat diunduh secata gratis pada Google Play ataupun App Store. Berikut adalah beragam macamnya:

1. LOCKit

LOCKit

Layanan ini cukup efektif untuk memberikan keamanan, melalui pengunci yang bekerja menutup aplikasi-aplikasi tertentu sesuai dengan kehendak penggunanya. Ini dapat diunduh secara gratis dan bisa diterapkan langsung pada ponsel Android Kamu.

Aplikasi ini menyediakan tiga macam tipe kode akses yaitu sidik jari, pola dan juga pin. Layanan beragam folder penting yang terdapat pada ponsel Kamu seperti dokumen, video ataupun foto yang disimpan pada ponsel.

LOCKit ini sangat canggih, karena ketika ada orang yang berusaha masuk dan membobol ranah privat, maka aplikasi ini akan merekam dan memotret secara otomatis pola wajah oknum iseng tersebut.

2. AppLock – Hyper Speed

Aplikasi ini memiliki empat jenis kode agar pengguna bisa mengakses kunci yang telah dibuat, yaitu sidik jari, pola, pin dan juga kata sandi. Hal tersebut tentu saja bisa memudahkan Kamu yang ingin melindungi ranah privat pada ponsel.

Selain sebagai layanan pengunci, juga menyediakan fitur hidden app yang bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi pilihan tertentu. Ini digunakan ketika ingin menyembunyikan dari tampilan home pada ponsel.

Aplikasi ini juga memiliki fitur cache junk yang dapat membersikah sampah-sampah yang mungkin saja bisa memenuhi memori internal pada ponsel, dan juga ada layanan battery saver untuk menghemat pemakaian baterai.

3. App Locker | Lock Aps

App Locker

Layanan ini memiliki fungsi dan peran yang nggak jauh beda dengan yang sebelum-sebelumnya Guys. Manfaat yang disediakan tetap sama, yaitu mengunci beberapa folder dan aplikasi yang ingin dijaga nilai privatnya.

Keuntungan lainnya adalah, App Locker | Lock Aps ini memiliki keunggulan pada interface yang menarik serta tidak membosankan. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play ataupun di App Store.

4. Perfect App Lock (App Protector)

Perfect App Lock

Aplikasi yang menyediakan keebermanfaatan besar ini sudah memiliki banyak sekali pengunduh yang tersebar pada seluruh dunia, yakni mencapai 200 ribu pengguna. Layanan ini bisa diunduh secara gratis dan cuma-cuma pada Play Store ataupun App Store.

Aplikasi canggih ini menawarkan tiga jenis pengunci yaitu pattern, PIN dan juga gesture. Selain itu, ia juga memiliki sistem anti theft yang sangat bermanfaat ketika ponsel Kamu dicuri dan disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

5. App Lock (Fingerprint)

Aplikasi yang menyediakan layanan pengunci selanjutnya adalah App Lock (Fingerprint). Ia dapat menyediakan beragam macam fitur dan fasilitas yang aman dan terjangkau untuk melindungi ranah privat seseorang.

Keunikannya adalah bisa merekam dan mengambil foto secara otomatis kepada oknum jahil yang berusaha untuk masuk ataupun membuka kode secara paksa. Aplikasi ini dapat Kamu unduh secara gratis melalui Google Play ataupun App Store.

Mengunci Aplikasi pada Ponsel Samsung

Mengunci Aplikasi pada Ponsel Samsung

Ponsel Samsung memiliki ribuan bahkan jutaan penggunanya di Indonesia. Tidak mau kalah dengan pesaingnya, vendor mereka mengembangkan fitur App Lock untuk perangkatnya. Berikut adalah langkah yang bisa dilakukan untuk mengunci aplikasi pada smartphone Samsung:

1. Langkah yang pertama adalah sentuh icon apps yang ada pada homescreen, setelah itu Kamu bisa masuk ke menu setting yang ada di ponsel samsungmu, biasanya terletak di bagian deret paling kanan pada baris ketiga.

2. Setelah itu silakan pilih pengaturan pada icon lockscreen and security.

3. Kemudian pilih opsi other security settings.

4. Lalu scroll layar ke bawah untuk beragam macam pilihan lainnya.

5. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah Kamu bisa menekan opsi pin windows.

6. Setelah Kamu dibawa masuk pada halaman selanjutnya, silakan pilih tombol on atu off untuk mengaktifkan dan menon-aktifkan fungsi dari pin windows.

7. Kemudian Kamu bisa mengatur jenis kunci layar seperti apa yang diinginkan. Misalnya jika memilih opsi pin, hanya perlu memasukkan nomor yang kurang lebih terdiri dari 4 angka.

8. Setelah sudah menentukan pilihan, kemudian sentuh continue.

9. Lalu masukkan pin yang sama untuk memberikan konfirmasi.

10. Lalu sentuh OK untuk memberikan persetujuan.

Cara Mengunci Aplikasi

Berikut adalah cara dan langkah lain untuk mengunci aplikasi yang ditawarkan oleh ponsel Samsung:

1. Langkah pertamanya adalah silakan Kamu masuk dulu ke menu setting yang ada di perangkat samsung.

2. Kemudian temukan opsi advanced features dan masuklah pada pilihan tersebut.

3. Setelah berada pada pilihan advanced features, Kamu bisa memilih opsi App Lock.

4. Pada menu App Lock Kamu bisa mengaktifkan tombol slider yang berada pada bagian pojok kanan atas.

5. Dengan begitu secara otomatis Kamu akan diminta untuk memilih metode keamanan apa yang akan digunakan. Bisa berupa PIN, pola, sandi atau bahkan sidik jari jika perangkat memungkinkan untuk melakukan layanan tersebut.

6. Setelah melakukan dan memilih metode keamanan yang cocok dan sesuai. Selanjutnya Kamu bisa memilih aplikasi apa saja kemudian dikunci melalui daftar yang disediakan dengan mengaktifkan tombol slidernya.

Mengunci Aplikasi pada Ponsel Oppo

Mengunci Aplikasi pada Ponsel Oppo

Seperti pada ponsel lainnya, Oppo menyediakan fitur kunci aplikasi sangat bermanfaat untuk para penggunanya. Berikut adalah cara mudah dan sederhana dengan memanfaatkan layanan bawaan yang telah disediakan:

1. Langkah yang pertama adalah membuka menu pengaturan atau settings pada smartphone Oppo

2. Lalu langkah selanjutnya adalah memilih menu “layar kunci dan kata sandi” pada halaman selanjutnya.

3. Seletah itu, bisa memilih opsi enskripsi asli.

4. Kemudian Kamu bisa menentukan akan menggunakan metode keamanan apa yang akan digunakan. Selain itu, bisa bikin pola, PIN, ataupun kata sandi yang dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

5. Lalu silakan memilih folder galeri ataupun aplikasi-apliksi yang ingin dikunci, kemudian aktifkan enkripsi dan dapat menikmati fitur layanan kunci layar pada posel Oppo.

Setelah melakukan cara-cara di atas, jika Kita akan membuka aplikasi atau folder yang telah dipilih untuk dikunci, Kamu harus memasukkan pola, PIN ataupun sandi yang telah dibuat sebelumnya.

Mengunci Aplikasi pada Ponsel Xiaomi

Xiaomi memiliki fasilitas kunci aplikasi bawaan dari ROM Miui, jadi Kamu para pengguna dari polsen merk ini nggak perlu lagi repot-repot untuk mengunduh dan memasang fitur pengunci yang ada di Playstore.

Fitur bawaan tadi namanya App Lock Guys, dengan begitu para pengguna Xiaomi bisa mengunci seluruh aplikasi yang telah terunduh dan terpasang pada perangkatnya. Jika Kamu belum tau gimana cara memanfaatkannya, di bawah ini ada langkah dan cara yang bisa ditiru:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu “settings” atau “setelan” kemudian scroll down sampai bawah sampai menemukan tulisan App Lock. Kalau sudah ketemu, silakan dipilih dan dibuka.

2. Setelah dibuka biasanya pengguna akan dibawa pada halaman baru untuk menentukan aplikasi mana saja yang ingin dikunci. Nah, yang perlu dilakukan di sini adalah menandai semua yang ingin Kamu kunci, jumlahnya bisa bebas dan tidak dibatasi.

3. Setelah selesai memilih aplikasi mana saja yang ingin dikunci, kemudian bisa menekan tombol “set password” yang berada pada bagian paling bawah.

4. Kemudian Kamu akan diminta untuk membuat dan mengisi password pattern untuk keamanannya. Fitur yang terdapat pada smartphone Xiaomi dapat menggunakan pola atupun fingerpint jika memang ponselnya dlengkapi oleh sensor sidik jari.

5. Sebagai catatan, jangan lupa untuk memilih dan menambahkan Mi Account guna mereset password jika menginginkannya.

6. Untuk mengubah pengaturan keamanan sesuai dengan kebutuhan, Kamu bisa menekan icon gear yang berada di kanan atas untuk dapat mengakses fitur Lock Settings.

7. Setelah masuk pada lock setting, bisa mengatur semuanya, mulai dari perubahan password, sampai dengan pemilihan keamanan seperti pattern atau

8. Pada fitur lock setting ini ada tiga pilihan pengaturan yang berarti:

  • When device is locked, yang berarti bahwa jika Kamu memakai pilihan ini maka yang terjadi adalah aplikasi hanya akan terkunci kembali apabila ponselnya sedang standby atau terkunci. Jadi jika sudah keluar dari aplikasi namun layar belum terkunci, bisa kembali lagi untuk membuka aplikasi tanpa harus memasukkan password.
  • When device locked or after exititng app, pilihan ini akan mengunci aplikasi tersebut kembali setelah Kamu keluar meskipun layarnya belum terkunci.
  • When device locked or 1 minutes after exiting app¸ fitur ini memiliki fungsi yang aman dengan pilihan nomor dua. Namun, aplikasi akan kembali dikunci apabila sudah keluar lebih dari satu menit.

Di atas adalah cara mudah kunci aplikasi di ponsel Android yang bisa Kamu terapkan agar privasi tetap terjaga. Dan juga tidak memberikan kesempatan kepada orang asing untuk melakukan suatu tindak kejahatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

unique visitors counter