Manfaat Orang Berjalan untuk Kesehatan

1 min read

Orang Berjalan

Jalan kaki adalah latihan aerobik yang bagus dan cara efektif untuk memulai metabolisme Anda. Menurut jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise, orang berjalan kaki secara rutin membantu mengurangi prevalensi penyakit kronis.

Faktanya, berjalan dengan kecepatan sama dengan atau lebih besar dari 8 km/jam menghabiskan lebih banyak energi daripada joging dengan kecepatan yang sama. Berikut adalah manfaat yang didapatkan dari rutin berjalan kaki.

Manfaat Orang Berjalan Kaki secara Rutin

Dilansir dari Surau.co berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika berjalan kaki secara rutin:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jalan kaki adalah cara efektif untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Para peneliti di University of Alabama merancang eksperimen yang melibatkan pasien obesitas yang berjalan bersama (sebuah konsep yang dikenal sebagai ‘bus berjalan’) ke tujuan mereka di dalam dan sekitar kota.

Setelah delapan minggu, berat badan mereka diperiksa, dan lebih dari 50% peserta kehilangan rata-rata 2 kg. Berjalan juga meningkatkan pengeluaran energi dan merupakan cara yang efektif dan murah untuk membakar kalori.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jalan kaki membantu meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi yang dilakukan pada wanita dewasa di pedesaan menunjukkan korelasi positif antara berjalan kaki dan peningkatan biomarker kesehatan kardiovaskular.

Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa orang berjalan kaki mengurangi risiko kejadian kardiovaskular hingga 31%. Sesuai pedoman kesehatan, setiap orang dewasa harus melakukan latihan intensitas sedang (seperti jalan cepat) setidaknya selama 30 menit sehari, lima hari seminggu.

3. Mengatur Tekanan Darah

Jalan kaki juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan sirkulasi. Para peneliti di Wakayama Medical College, Jepang melakukan percobaan pada individu dengan hipertensi ringan, dimana 83 partisipan berjalan 10.000 langkah per hari selama 12 minggu.

Pada akhir 12 minggu, mereka menunjukkan penurunan tekanan darah yang signifikan dan meningkatkan stamina. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan 10.000 langkah per hari, berjalanlah setidaknya selama 30 menit setiap hari untuk menjaga tingkat tekanan darah Anda.

4. Mengatur Kadar Glukosa Darah

Jalan-jalan singkat secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar glukosa darah puasa dan pasca makan. Para ilmuwan merekomendasikan tidak kurang dari 5.000 langkah sehari ┬ádengan lebih dari 3.000 langkah tersebut sebagai jalan cepat – untuk membantu mengelola diabetes tipe 2

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada manula yang tidak aktif (> 60 tahun) dengan kadar glukosa darah 105-125 mg / dL menunjukkan bahwa interval pendek berjalan kaki selama 15 menit atau 45 menit setelah makan (sarapan, makan siang, dan makan malam) bisa terkontrol dengan baik.

5. Memperkuat Tulang dan Memudahkan Gerakan Sendi

Jalan kaki secara teratur memperkuat tulang dengan meningkatkan pelumasan di antara persendian dan memperkuat serta mengencangkan otot Anda. Sebuah studi kecil yang dilakukan pada 27 orang dengan gejala osteoartritis lutut menunjukkan bahwa berjalan dengan peregangan selama 30 menit atau lebih meningkatkan nyeri lutut.

Sementara hasil penelitian yang lain menunjukkan bahwa orang yang berjalan dalam beberapa serangan meningkatkan beban lutut dan mengurangi rasa sakit.

6. Meningkatkan Kapasitas Paru-paru

Jalan kaki juga dapat meningkatkan kapasitas paru-paru Anda. Saat Anda berjalan, Anda menghirup lebih banyak oksigen dibandingkan saat Anda tidak bergerak. Pertukaran oksigen dan karbon dioksida pada jumlah yang lebih besar ini dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru Anda, sehingga meningkatkan stamina dan performa olahraga Anda.

Orang berjalan kaki secara rutin ternyata bisa memberikan banyak sekali manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk berjalan kaki mulai saat ini.

Cara Bikin Bingkai Foto Terbaru Anti Ribet

Anak muda sekarang siapa sih yang nggak punya foto kekinian? Pasti semua udah kan? Baik untuk dipajang di dinding, kamar ataupun sekedar pelengkap media...
redaksiacademic@gmail.com
7 min read

Bagaimana Cara Masuk Instagram?

Instagram sepertinya masih menjadi aplikasi paling bergengsi hingga saat ini. Bagaimana enggak, platform sosial media satu ini bahkan bisa digunakan sebagai ladang rezeki. Sebagai...
redaksiacademic@gmail.com
3 min read

Memainkan Smartphone Semakin Betah dengan Berbagai Aplikasi Keyboard Menarik…

Bagi penggiat smartphone terutama yang pekerjaannya mengharuskan mengakses handphone, pasti terasa bosan kalau tampilannya monoton kan?. Oleh karenanya, Kamu harus banyak berselancar ke mesin...
redaksiacademic@gmail.com
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *